Minggu, 18 Mei 2014

PKn Kelas 1 Semester 1


Berilah tanda silang pada jawaban yang benar
  1. Semua anggota keluarga saling menyayangi. Hidup keluarga menjadi…………..
          a. penuh benci                b. rukun                   c. saling curiga
  1. Orang yang harus dipatuhi di rumah adalah…………………..
          a. Ibu                             b. kepala sekolah      c. teman
  1. Kakak menegur saat aku rebut. Aku sebaiknya……………….
          a. Melawan                     b. makin ribut            c. lebih tenang
  1. Suasana di rumah menjadi rukun jika kita………………
          a. saling menolong            b. berbicara kasar      c. saling iri
  1. Suasana di rumah menjadi tidak rukun jika kita………………..
          a. saling curiga                  b. berbicara lembut    c. saling tolong
  1. Aku membuat adik menangis. Perbuatanku itu membuat suasana menjadi………………
          a. damai                           b. tidak rukun             c. rukun
  1. Aku membantu kakak mencuci piring. Suasana di rumah menjadi……………………
          a. rukun                            b. gelisah                    c. tidak rukun
  1. Keluargaku hidup rukun. Ayah dan ibu saling…………………
          a. menyayangi                   b. memarahi                c. membentak
  1. Ibu hendak pergi ke pasar. Ibu pamit kepada Ayah. Sikap ibu membuat keluarga menjadi……………….
          a. bertengkar                    b. resah                       c. rukun
  1. Keluarga yang rukun akan…………………
          a. bersedih                       b. berduka                    c. berbahagia


Isilah dengan jawaban yang benar
  1. Aku ingin pinjam buku kakak. Aku harus……………………………………kepada kakak.
  2. Aku membuat ibu kesal. Aku harus……………………………………kepada ibu
  3. Ayah sedang membereskan buku buku. Aku sebaiknya………………………………ayah
  4. Adik sedang bersedih. Aku sebaiknya…………………………………….adik
  5. Kakak berulang tahun. Aku mengucapkan………………………………..kepada kakak
  6. Ibu membelikan aku baju baru. Aku mengucapkan…………………………………kepada ibu
  7. Ayah sedang tidur. Aku tidak boleh bersuara………………………………….
  8. Ibu sedang sakit. Lantai di rumah kotor sekali. Aku dapat membantu ibu…………………..lantai
  9. Aku harus………………………..perintah ibu
  10. Aku masuk ke kamar kakak tanpa permisi. Kakakku menjadi kesal. Aku harus mengucapkan ……………………kepada kakak
Kunci jawaban
  1. Minta ijin                                     6. Terima kasih
  2. Minta maaf                                  7. Keras
  3. Membantu                                   8. Membersihkan
  4. Menghibur                                   9. Mematuhi
  5. Selamat ulang tahun                    10. Minta maaf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar